Penyebab Septic Tank Mudah Penuh Yang Jarang Diketahui

Logo Blog

Mungkin anda beratnya-tanya, mengapa septic tank saya mudah penuh? padahal beberapa bulan yang lalu sudah menyewa jasa sedot wc di daerah saya. Banyak sekali penyebab yang menjadi faktor mengapa septic tank mudah penuh, bisa dari desain septic tank, faktor musim, lokasi septic tank anda, tidak adanya bakteri atau matinya bakteri pengurai di septic tank dan yang terkahir dari jasa sedot wc yang anda sewa.Akan kita bahas satu persatu nanti yang menjadi penyebab septic tank mudah penuh yang jarang diketahui banyak orang dan solusi bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Septic Tank Mudah Penuh Yang Jarang Diketahui
Penyebab Septic Tank Mudah Penuh 

Seperti yang kita ketahui septic tank adalah tempat pembuangan kotoran atau tinja, ukurannya berbeda-beda tergantung pemiliki rumah berdasarkan kebutuhannya masing-masing, dan untuk septic tank skala rumah tangga biasanya akan penuh dalam kurun waktu 5-8 tahun, jika kurang dari itu, misalnya 2 tahun sudah penuh, maka ada yang salah dari septic tank anda, bisa berupa desain septic tank yang kurang bagus. Dan alangkah baiknya jika septic tank anda dibangun jauh dari sumber air seperti sumur anda, karena hal tersebut dapat mencemari sumber air anda dalam jangka panjang.

Kembali ke topik utama, yaitu penyebab septic tank mudah penuh yang jarang diketahui banyak orang pada umumnya. Anda juga sebaiknya memperhatikan kondisi septic tank anda agar nantinya anda juga tidak repot sendiri, karena septic tank yang tidak terwat akan mengakibatkan septic tank mudah penuh, dan beriky ini adalah faktor penyebab septic tank mudah penuh


Penyebab septic tank mudah penuh

1. Desain septic tank dan resapan yang kurang bagus
Akan fatal jika tukang bangunan yang anda sewa tidak mengerti cara membangun atau membuat septic tank yang baik dan benar. Septic tank yang bagus umumnya memiliki serapaan atau resapan yang bagus sehingga dapat merembeskan melalui pori-pori septic tank.

2. Ukuran septic tank
Ukuran septic tank juga mempengaruhi septic tank mudah penuh, jika ukuran sptic tank anda terlalu kecil namun di rumah anda memiliki anggota keluarga lebih banyak, maka sangat wajar septic tank anda mudah penuh dalam waktu dekat.

3. Musim Penghujan
Salah satu penyebab septic tank adalah faktor musim, taitu di musim penghujan, dimana kapasitas air dari luar lebih banyak karena disebabkan faktor hujan yang terus datang. Dan air dari luar masuk ke dalam septic tank dan memenuhi septic tank anda dengan cepat.

4. Saluran air kurang baik
Idealnya, septic tank didukung oleh saluran air yang baik. Satu kondisi yang kerap terjadi yakni bila air tanah tinggi, limbah septic tank biasaya cukup sulit untuk disalurkan sehingga menyebabkan penyumbatan. Belum lagi jika musim penghujan tiba, kemampuan tanah untuk menyerap limbah menjadi berkurang, sehingga mengakibatkan septic tank mudah penuh.

5. Lokasi septic tank
Pemilihan lokasi septic tank sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya septic tank anda. Pemilihan lokasi septic tank di kondisi tanah yang memiliki air tanah tinggi atau di lokasi tanan bebatuan sehingga sangat mengurangi kemampuan tanah untuk menyerap limbah tinja anda.

6. Matinya bakteri pengurai di dalam septic tank
Matinya bakteri pengurai di dalam septic tank menyebabkan kerak di dalam septic tank dan lambatnya tinja terurai di dalam septic tank. Semakin banyaknya kerak di dalam septic tank akan menutupi pori-pori septic tank sehingga limbah tinja sulit terserap melalui pori-pori septic tank.

7. Salah menyewa jasa sedot wc
Salah satu faktor paling umum yang terjadi penyebab septic tank mudah penuh adalah anda salah memilih jasa sedot wc, mengapa bisa demikian? Jika anda pernah menyewa jasa sedot wc di gresik, namun kemudian satu tahun kemudian wc anda penuh kembali, bisa jadi anda terkena pemainan mereka. Karena sekarang banyak sekali jasa sediot wc yang tidak bertanggung jawab dengan banyak kecurangan, seperti kasus anda ini, mereka tidak menyedot secara habis tinja di septic tank anda, sehingga tidak heran jika septic tank anda mudah penuh karena memang isi tinja anda tidak terkuras secara bersih, Oleh karena itu anda sebagai konsumen, lebih jeli lah dalam memilih jasa sedot wc.
Baca Juga: Tips memilih jasa sedot wc gresik berkualitas dan terpercaya

Solusi

Solusinya adalah dengan mendesain ulang septic tank anda, atau membuat baru untuk mencegah septic tank anda mudah penuh, jika anda membutuhkan jasa tukang bangunan yang ahli dalam membuat septic tank yang berkualitas, anda bisa silahkan anda hubungi kami, jasa sedot wc gresik "MULTI JASA" di nomor kontak kami berikut ini, kami siap melayani anda di gresik maupun di luar gresik untuk jasa sedot wc dan jasa pembuatan dan renovasi septic tank anda.


Kontak kami:

Cp: Bapak Suamat(Pak Amat), Telp:
- (031)7915232(Faximile)
- 082228199997(Telkomsel)
- 087751115388(Xl)
- 085101273589(WhatsApp)

Itulah tadi ulasan mengenai penyebab septic tank mudah penuh yang jarang diketahui banyak orang, dengan adanya artikel ini, anda sudah tau faktor-faktor yang menjadi penyebab septic tank anda mudah penuh, semoga artikel ini bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Diharap berkomentar menggunakan bahasa yang sopan. Komentar SPAM dan menyimpang dari topik yang dibahas, akan dihapus dan tidak akan ditampilkan.